Protokol adalah sebuah aturan atau standar
yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan
data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada
perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan
yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
Protokol perlu diutamakan pada penggunaan
standar teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau
menghubungkan peralatan perangkat keras. Protokol secara umum digunakan pada
komunikasi real-time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari
informasi untuk penyimpanan jangka panjang.
Sangat susah untuk menggeneralisir protokol
dikarenakan protokol memiliki banyak variasi di dalam tujuan penggunaanya.
Kebanyakan protokol memiliki salah satu atau beberapa dari hal berikut:
Melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau
ada tidaknya komputer atau mesin lainnya.
Melakukan metode "jabat-tangan"
(handshaking).
Negosiasi berbagai macam karakteristik
hubungan.
Bagaimana mengawali dan mengakhiri suatu
pesan.
Bagaimana format pesan yang digunakan.
Yang harus dilakukan saat terjadi kerusakan
pesan atau pesan yang tidak sempurna.
Mendeteksi rugi-rugi pada hubungan jaringan
dan langkah-langkah yang dilakukan selanjutnya
Mengakhiri suatu koneksi.
Organisasi Standar Teknologi Komunikasi dan
Data Internasional
Berikut ini berbagai Badan atau Organisasi
yang menangani standarisasi Teknologi Komunikasi Data International.
Badan Standard Eropa
ETSI: European Telecommunications Standards
Institute > Suatu badan independent yang menetapkan standard untuk komunitas
Eropa, Contoh : standard GSM
CEN/CENELEC: European Committee for
Electrotechnical Standardization/European Committee for Standardization >
Badan standardisasi teknologi informasi
CEPT: Conférence Européenne des
Administrations des Postes et des Telecommunications > Sebelum ada ETSI,
melakukan pekerjaan yang dilakukan ETSI
Badan Standard Amerika
IEEE : Institute of Electrical and
Electronics Engineers > Asosiasi engineer elektro internasional, Contoh
standard : LAN
EIA: Electronic Industries Association >
Organisasi pabrik perangkat elektronika Amerika, Contoh standar: RS232
FCC: Federal Communications Commission >
Badan regulasi pemerintah Amerika
TIA: Telecommunications Industry
Association > Bertugas mengadaptasi standard dunia ke dalam lingkungan
Amerika
Organisasi Global
1. ITU : International Telecommunication
Union > Badan khusus PBB yang bertanggung jawab di dalam bidang
telekomunikasi
Dibagi ke dalam dua badan standard:
> ITU-T (huruf T berasal dari kata
telekomunikasi)
Berasal dari CCITT (Comité Consultatif
International de Télégraphique et Téléphonique, atau International Telegraph
and Telephone Consultative Committee)
Mempublikasikan rekomendasi untuk jaringan
telekomunikasi publik
> ITU-R (huruf R berasal dari kata
radio)
Berasal dari CCIR (Comité Consultatif
International des Radiocommunications atau International Radio Consultative
Committee)
Mempublikasikan rekomendasi yang berhubungan
dengan aspek-aspek radio seperti penggunaan frekunsi di seleuruh dunia
2. ISO/IEC : The International Standards
Organization/International Electrotechnical Commission
Organisasi standard bidang teknologi
informasi
> ISO berperan dalam standard dan
protokol komunikasi data
> IEC berperan di dalam standard yang
meliputi aspek electromechanical (seperti konektor), lingkungan dan keselamatan
3. IETF: Internet Engineering Task Force
> Bertanggung jawab terhadap arsitektur Internet dan Mengatu standardisasi
protokol TCP/IP untuk Internet
Tiga teknologi yang yang diperlukan untuk
berkomunikasi melalui jaringan telekomunikasi:
1. Transmisi
Transmisi adalah proses membawa informasi
antar end points di dalam sistem atau jaringan
Sistem transmisi yang sekarang menggunakan
empat buah medium transmisi berikut : Kabel tembaga, Kabel serat optik, atau
Gelombang radio
Cahaya pada ruang bebas (misalnya infra
merah)
Dalam suatu jaringan telekomunikasi, sistem
transmisi digunakan untuk saling menghubungkan sentral (router)
Keseluruhan sistem transmisi ini disebut
jaringan transmisi atau jaringan transport (transport network)
2. Switching
Suatu teknologi yang digunakan pada switch
untuk menghubungkan (men-switch) panggilan (pada jaringan telepon) atau
Mengarahkan/memforward paket dari suatu
link ke link yang lain
3. Signaling
Signaling adalah mekanisme yang
memungkinkan entitas yang berada di dalam jaringan (misalnya perangkat di
pelanggan, switch dsb.)
Untuk membentuk, mempertahankan, dan
memutuskan suatu sesi di dalam jaringan
Proses signaling dilaksanakan menggunakan
suatu sinyal atau pesan tertentu
Contoh: ketika kita mengangkat handset
telepon untuk melakukan panggilan akan terdengar nada panggil (dial tone)
Dial tone mengindikasikan bahwa sentral
telepon siap menerima informasi nomor yang dituju
Komunikasi data adalah pengirim dan
penerima data dari 2 device atau lebih device yang terhubung dalam satu
jaringan.
Transmiter adalah data yang dibangkitkan
dari system
Transmission System adalah berupa jalur
transmisi tunggal
Receiver adalah menerima sinyal dari system
transmisi
Destination adalah menangkap data yang
dihasilkan receiver
Fungsi komdat yaitu :
1.
Memberikan informasi kepada orang yang tepat dengan tepat waktu
2.
Memberikan informasi data tertentu (Up To Date)
3.
Memungkinkan orang yang berada pada lokasi geografis berbeda dapat
saling berkomunikasi
Perangkat Komunikasi yaitu :
1.
DCE (Data Communication Equipment) untuk menyalurkan informasi antar
lokasi
2.
DTE (Data Terminal Equipment) mengatur masuk-keluarnya informasi
(pemakai-komputer)
3.
DCCU (Data Communication Control Unit) pengatur hubungan peralatan
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan
frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.
Bandwidth pada hosting adalah bandwidth
yang ditentukan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload.
Bandwidth dalam jaringan adalah transfer
rate atau jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam
jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik).
Rumusan
: Bandwidth = ∑ bits/secon (1 byte = 8 bit)
Troughput adalah menggambarkan bandwidth
yang sebenarnya (actual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan
jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan
ukuran tertentu.
Protocol adalah himpunan kaidah yang
mengatur proses komunikasi data.
Model OSI layer mengatur layanan komunikasi
dibagi 7 kelompok yaitu :
a.
Physical Layer : Menjelaskan
spesifikasi listrik, mekanis dan fungsional guna menangani data jaringan.
b.
Data Link Layer : Menjelaskan
proses untuk mendeteksi dan memperbaiki eror data tingkat rendah selama
transfer data antar lapis fisik dan lapis diatas lapis fisik.
c.
Network Layer : Menjelaskan
proses routing (pengedaran) data diantara alamat jaringan dan memeriksa apakah
pesan suadah dikirim dengan lengkap dan akurat.
d.
Transport Layer : Mencangkup fungsi penetapan hubungan yang sesuai,
memulai transmisi data dan membebaskan hubungan setelah transmisi selesai.
e.
Session Layer : Mencangkup
proses untuk mengontrol transfer data, menangani eror transmisi dan pengakuan,
serta mengelola record transmisi yang dikirim.
f.
Presentation Layer :
Mengontrol kaidah untuk memformat transmisi data.
g. Applications Layer : Menjelaskan spesifikasi untuk
lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan jaringan.
TCP/IP (Transmisison Control
Protokol/Internet Protokol) adalah protocol yang menerapkan konsep conection
oriented yang berarti bahwa 2 buah computer yang akan melakukan pertukaran data
harus terhubung secara langsung dalam suatu jaringan.
Letak OSI adalah Implementasinya di
serahkan kepada developer yang di kerjakan protocol-protokol sesuai OSI.
Komunikasi Suara yaitu :
a)
Komunikasi Radio Siaran
b)
Komunikasi Radio Amatir
c)
Panggil
d)
Telephone
Bentuk Ragam Komunikasi yaitu :
a)
Komunikasi Suara (Audio)
b)
Komunikasi Gambar (Video – Audio Video)
c)
Komunikasi Data
Komunikasi Data yaitu :
a)
Publik
b)
Private
FileZilla adalah merupakan software yang
digunakan sebagai alat untuk mengugah suatu file dari computer local kita ke
sebuah hosting/server yang nantinya file tersebut bisa diakses oleh orang lain
seluruh dunia.
CuteFTP adalah sebuah File Transfer
Protokol (FTP) client yang digunakan untuk mentransfer file amtara computer dan
server
JENIS KOMUNIKASI dan TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Komunikasi data adalah proses pengiriman
dan penerimaan data dari 2 device atau lebih yang terhubung dalam satu
jaringan.
Jenis komunikasi ada 4, yaitu :
1.
Audio
2.
Video
3.
Komunikasi radio
4.
Data
Bentuk komunikasi data ada 3, yaitu :
1.
Suara (Audio)
2.
Video ( Video, Audio – Video)
3.
Data
Komunikasi ada 2, yaitu :
1.
Komunikasi public
2.
Komunikasi private
Bentuk komunikasi dibagi menjadi 3 :
1.
komunikasi radio siaran atau amatir
bersifat umum , radio amatir bersifat hanya 2 arah. contoh : HT
2.
radio panggil berjarak lebih pendek. Contoh : pager
3.
telepon bersifat bias menerima
atau berbicara secara bersama – sama. Contoh : telepon seluler
3 ragam komunikasi dan gambarkan ragam
komunikasi :
a. komunikasi audio, b. Komunikasi video
dan c. Komunikasi data
Source adalah tempat dimana data yang mau
dikirim bias berupa gambar atau text. Data tersebut berupa sinyal digital dan
dirubah menjadi bentuk analog oleh transmitter. Oleh transmitter diterima oleh
system transmisi atau ISP dalam bentuk sinyal analog. Setelah dari situ diterima
oleh reciver dan di terjemahkan ke dalam bentuk sinyal digital menuju ke tujuan
dan dirubah kebentuk semula berupa gambar atau text.
Fungsi elemen yang ada pada digram
komunikasi data sederhana :
1.
Source berfungsi sebagai sumber
2.
Transmitter berfungsi memindahkandan menerima informasi dari data
digital ke data analog
3.
System transmisi berfungsi menghubungkan antara source dengan
destination
4.
Reciver berfungsi menerima sinyal dari system transmisi dan
menghubungkan ke tujuan
5.
Destination berfungsi tujuan data yang dikirim
Perangkat komunikasi :
1.
DCE ( data communication equipment)
Untuk menyalurkan informasi antar lokasi.
2.
DTE ( data terminal equipment )
Mengatur masuk dan keluarnya informasi
(pemakai computer)
3.
DCCU ( data communication control unit) = In/Out put control dan
pengendali terminal adalah lokasi dalam jaringan tempat informasi keluar masuk.
Tugas DCCU :
·
Membentuk antar muka / interface antara system I/O bus dalam modem
· Mengendalikan sinyal antarmuka modem dan
konvernsi level modem
·
Mengubah data yang akan dikirimkan menjadi serial dan sebaliknya
·
Mengatur eror recovery dengan mekanisme retry
·
Melakukan konverensi sendii
·
Melakukan singkronisasi karakter baik dengan cara start/stop maupun
dengan karakter SYN (singkronisasi)
·
Melakukan bit singkronisasi untuk controller asinkron
·
Melakukan pengajuan kesalahan ( parity, longitudinal / BCC )
·
Mengendalikan prosedur dengan
melacak karakter transmition control.
Perangkat jaringan computer dan telepon :
1.
PC
2.
NIC
3.
Kabel ( kobel coaxial, tembaga dan serat optic)
4.
Server
5.
HUB dan switch
6.
Repeater
7.
Bridge
8.
Router
9.
Modem
10.
AP
Teknoligi komunikasi data dan suara :
1.
Contoh teknologi komunikasi data:
Pengiriman
file dari komputer ke komputer lain
Dari server ke client
browsing
2.
Contoh teknologi komunikasi suara:
telepon
HT
Pager
Bandwidth & Thoughtput
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan
frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam bahasa
mudahnya adalah sebuah takaran lalu lintas data yang masuk dan yang keluar .
Bandwidth pada Hosting
Bandwidth yang ditentukan seberapa banyak
kita mengupload atau mendownload. Makin banyak anda melakukan aktivitas upload,
ditambah makin banyaknya pengunjung yang mengakses, maka makin berkurang jatah
Bandwidth yang diberikan.
Bandwidth dlm Jaringan Komputer
Transfer rate/jumlah data yang dapat dibawa
dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam
detik). Bedakan bandwidth “Up To” yang berarti Bandwidth pada kecepatan
Maksimal suatu jaringan yang diberikan.
Cara menghitung banswidth :
Throughput
Menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu
dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk
nendownload suatu file dengan ukuran tertentu.
Karakteristik Throughput
a.
Tidak menghitung bit per second secara murni, karena dipengaruhi alamat komputer pengirim
dan tujuan.
b.
512kb yang perkirakan bisa dikirim 1 detik dengan ukuran bandwidth,
namun kenyataannya Throughput bisa 4 detik, jadi 512kb/4 detik = 129 kbps
(detik=second).
Standar Komunikasi
Organisasi
Istilah organisasi berasal dari bahasa
Latin organizare, yang secara harafiah berarti paduan dari bagian-bagian yang
satu sama lainnya saling bergantung. Di
antara para ahli ada yang menyebut paduan itu sistem, ada juga yang menamakannya sarana.
Protokol/Protocol
Protokol adalah himpunan kaidah yg mengatur
proses komunikasi data. Kaidah ini harus mengatur setiap aspek komunikasi
jaringan, hingga yg paling rinci.
Misalnya protokol hrs mengatur bagaiman
akomunikas idata bermula, berlanjut& diakhiri.
Protokol telah ditetapkan utk berbagai
jenis perangkat keras, Perangkat lunak,
& data yg berbeda-beda. Apabila semua protokol yg Berbeda ini dpt bekerja
sama membentuk komunikasi data, maka
himpunan protokol ini disebut dg perangkat protokol (protocol suite).
OSI/RM
Layer – layer pada OSI :
7: Layer Application
Layer
7 adalah layer
Applikasi mendifinisikan interface
antara softwaresoftware atau
applikasi yang berkomunikasi keluar dari
komputer dimana
aplikasi
tersebut berada. Layer
ini menjelaskan
aturan-aturan untuk yang
berikut:
1.
Penyediaan layanan jaringan
2.
Penawaran – pengiklanan layanan jaringan
3.
Pengaksesan layanan jaringan
Contoh berikut adalah protocol-protocol
yang mengimplementasikan aturan
layer Application.
1.
Netware’s services advertising protocol (SAP)
2.
TCP/IP Network File System (NFS)
3.
TCP/IP Simple Mail Transfer Protocol (SMTP); Telnet; HTTP; FTP;
WWW browser
4.
Termasuk dalam contoh
ini adalah file;
print; applikasi database;
message.
6: Layer Presentasi
Layer
6 adalah layer
presentation dimana tujuan
utamanya adalah
mendefinisikan format data seperti text
ASCII, text EBCDIC, binary, BCD
dan
juga jpeg. Enkripsi
juga didefinisikan dalam
layer 6 ini.
Layer
Presentation menspesifikasikan aturan-2
untuk yang berikut:
1.
Penterjemahan Data
2.
Enkripsi dan kompresi data
Protocol-2 berikut adalah contoh yang
mengimplementasikan aturan layer
Presentation
1.
Netware Core Protocol (NCP)
2.
AppleTalk Filing Protocol (AFP)
Jaringan Dasar
3.
JPEG; ASCII; EBCDIC; TIFF; GIF; PICT; encryption; MPEG; MIDI
Misal
mainframe mempunyai format
EBCDIC; sementara WIndows
mempunyai
format data ASCII.
Tugas layer Presentation
adalah
menterjemahkan format yang berbeda ini sehingga
bisa saling nyambung.
5: Layer Session
Session
layer ini mendefinisikan bagaimana
memulai, mengontrol, dan
mengakhiri
suatu percakapan (disebut
session).Hal ini termasuk
dalam
kendali dan manajemen dari berbagai pesan
bidirectional sehingga aplikasi
bisa menyertakan suatu sinyal pemberitahuan
atau notifikasi jika beberapa
pesan
telah lengkap. Layer
ke lima Session
menspesifikasikan aturan-2
berikut:
1.
Pengendalian sesi komunikasi antara dua piranti
2.
Membuat; mengelola; dan melepas koneksi
Yang
berikut adalah protocol
yang menimplementasikan layer
session
model OSI:
1.
Netware’s Servise Advertising Protocol (SAP)
2.
TCP/IP remote procedure call (RPC)
3.
SQL; NFS; NetBIOS names; AppleTalk ASP; DECnet SCP
Contoh
sederhana analoginya adalah
operator telpon.Jika anda
mau
menelpon suatu nomor sementara anda tidak
tahu nomornya, maka anda
bisa nanya ke operator.Layer session ini
analoginya yach kayak operator
telpon getu.
4: layer Transport
Layer
4 (Transport layer)
lebih fokus pada
masalah yang berhubungan
dengan pengiriman data kepada komputer lain
seperti proses memperaiki
suatu
kesalahan atau error
recovery, segmentasi dari
blok data dari
aplikasi yang besar kedalam potongan
kecil-2 untuk di kirim, dan pada sisi
komputer penerima potongan-2 tersebut
disusun kembali.
Layer OSI ke 4 ini menspesifikasikan
aturan-2 untuk yang berikut:
1.
Menyembunyikan struktur jaringan dari layer diatasnya
2.
Pemberitahuan kalau data pesan telah diterima
3.
Menjamin kehandalan, pengiriman pesan bebas kesalahan
Jaringan Dasar
Contoh-2 berikut adalah protocol-2 yg
mengimplementasikan aturan layer
transport
1.
Netware’s Sequence Packet Exchange (SPX) protocol
2.
TCP/IP’s Transmision Control Protocol (TCP)
3.
TCP/IP’s Domain Name System (DNS)
Analogi
dari layer transport
ini kayak penyedia
jasa pengiriman paket,
missal
Tiki, POS atau
Fedex. Tiki atau
Fedex bertanggung jawab
penuh
untuk
sampainya paket ke
alamat tujuan dan
paket dalam keadaan
utuh
tanpa cacat. Seperti juga ISP, kalau kita
ketikkan WWW.dotkom.com maka
ISP akan menterjemahkan kedalam address
tujuan.
3: Layer Network
Layer
Network dari model OSI
ini mendefinisikan pengiriman
paket dari
ujung-ke-ujung. Untuk
melengkapi pekerjaan ini,
Network layer
mendefinisikan logical address sehingga
setiap titik ujung perangkat yang
berkomunikasi bisa diidentifikasi. Layer
ini juga mendefinisikan bagaimana
routing bekerja dan bagaimana jalur
dipelajari sehingga semua paket bisa
dikirim.
Layer Network menspesifikasikan aturan-2
untuk yang berikut:
1.
Data routing antar banyak jaringan
2.
Frakmentasi dan membentuk ulang data
3.
Identifikasi segmen kabel jaringan
Protocol-2 berikut menerapkan aturan layer
Network
1.
Netware’s Internetwork Packet Exchange (IPX) Protocol
2.
TCP/IP’s Internet Protocol (IP); AppleTalk DDP
Analogi dari layer ini tugasnya mengirim
surat atau paket ke kota atau kode
pos
tertentu, tidak langsung
di kirim ke
alamat tujuan. Layer
ini sangat
penting
dalam jaringan yang
kompleks, dimana layer
Network mengirim
data paket ke jaringan logical.Router
berfungsi pada layer ini.
2: Data link layer
Layer Data link menspesifikasikan aturan
berikut:
1.
Koordinasi bits kedalam kelompok-2 logical dari suatu informasi
2.
Mendeteksi dan terkadang juga memperbaiki kesalahan
3.
Mengendalikan aliran data
Jaringan Dasar
4.
Identifikasi piranti jaringan
Protocol-2 berikut mengimplementasikan Data
link layer:
1.
Ntware’s Link Support layer (LSL)
2.
Asynchronouse Transfer Mode (ATM)
3.
IEEE 802.3/802.2, HDLC, Frame Relay, PPP, FDDI, IEEE
802.5/802.2
Analogi data link ini seperti surat
tercatat yang dikirm pada alamat rumah
dan dijamin sampai dengan adanya resi yang
ditandatangani penerima.
Layer ini mengidentifikasi address yang
sesungguhnya dari suatu piranti.
1: Layer Physical
Layer
Physical dari model
OSI ini berhubungan
dengan karakteristik dari
media
transmisi.Contoh-2
spesifikasi dari konektor,
pin, pemakaian pin,
arus listrik, encoding dan modulasi cahaya.
Biasanya dalam menyelesaikan
semua detail dari layer Physical ini
melibatkan banyak spesifikasi. Layer ini
menspesifikasikan aturan-2 berikut:
1.
Struktur fisik suatu jaringan missal bentuk konektor dan aturan pin
pada
konektor kabel RJ-45.
Ethernet dan standard
802.3
mendefinisikan pemakaian
dari kabel pin ke 1,2,3
dan 6 yang
dipakai
dalam kabel Cat
5 dengan konektor
Rj-45 untuk koneksi
Ethernet.
2.
Aturan mekanis dan elektris dalam pemakaian medium transmisi
3.
Protocol Ethernet seperti IBM Token ring; AppleTalk
4.
Fiber Distributed Data
Interface (FDDI) EIA
/ TIA-232; V.35,
EIA/TIA-449, RJ-45, Ethernet, 802.3, 802.5,
B8ZS
5.
Sinkronisasi sinyal-2 elektrik melalui jaringan
6.
Encoding data secara electronic
Keuntungan dan kerugian model OSI
Anda
mesti faham betul
dengan model OSI
ini karena ini
sangat luas
digunakan
jika bicara soal
komunikasi jaringan.Akan tetapi
perlu diingat
bahwa
ini hanyalah sebuah
model teori yang
mendefinisikan standards
bagi
programmer dan system administrator jaringan, jadi bukanlah
model
layer fisik yang sesungguhnya.
Menggunakan
model OSI dalam
diskusi konseps jaringan
mempunyai
beberapa keuntungan:
1.
Memberikan bahasa dan referensi
yang sama antar
sesame
professional jaringan
2.
Membagi tugas-2 jaringan ke dalam layer-2 logis demi kemudahan
dalam pemahaman
3.
Memberikan keleluasaan fitur-2 khusus pada level-2 yang berbeda
4.
Memudahkan dalam troubleshooting
5.
Mendorong standard interoperability antar jaringan dan piranti
6.
Memberikan modularity dalam
fitur-2 jaringan (developer
dapat
mengubah
fitur-2 tanpa mengubah
dengan cara pendekatan
keseluruhan), jadi bisa main comot antar
modul getu lho
Akan tetapi anda perlu mengetahui beberapa
batasan:
1.
Layer-2 OSI adalah
teoritis dan tidak
melakukan fungsi-2 yang
sesungguhnya
2.
Dalam implementasi industry
jarang sekali mempunyai
hubungan
layer-ke-layer
Jaringan Dasar
3.
Protocol-2 yang berbeda
dalam stack melakukan
fungsi-2 yang
berbeda
yang membantu menerima
dan mengirim data
pesan
secara keseluruhan
4.
Implementasi suatu protocol tertentu bisa tidak mewakili setiap layer
OSI (atau bisa tersebar di beberapa layer)
TCP/IP (Transmission control
protocol/internet protocol)
TCP menerina data dengan panjang & membaginya kedalam bagian-bagian
berukuran 64k. IP mengambil bagian-bagian, memeriksa ketetapan tiap bagian,
mengalamatkan ketujuan & memastikan bahwa bagian-bagian tersebut sudah
terkirim dengan urutan yang benar. Pada saat menyampaikan pesan untuk IP, TCP
dapat menangani berbagsi jenis pesan yang berbeda dengan cara yang
berbeda-beda.
1.
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Memproses pesan text yang hanya berisi
rangkaian karakter ASCII sera alamat sasaran.
2.
File Transfer Protocol (FTP)
Adalah himpunan kaidah pemroses data yang
lebih banyak yang digunakan untuk memproses data yang lebih kompleks. Data yang
memerlukan karakter non ASCII, atau berisi karakter biner yang dapat dibaca
oleh mesin.
3.
Telnet
Adalah himpunan kaidah yang memungkinkan
user(local terminal) mengakses computer lain pada jaringan(remot terminal)
TCP/IP digunakan oleh hamper semua system
berbasis UNIX, Banyan VINES, Microsoft LAN Manager, Novell Netware dan
Microsoft Windows.
Net Bios
Singkatan dari Network Basic Input/Output System. IBM Corporation
mengembangkan dalam upaya menyediakan sarana standard dalam menggunakan system
operasi yang mendasari computer guna mengakses layanan jaringan.
Net Bios adalah standard umum untuk jaringan peer-to-peer, misalnya
LANtastic, & Invisible NET/30. Umaumnya tidak digunakan system jaringan
yang sangat besar atau sangat kompleks.
XNS(Xerox Network System)
Corporation mengembangkan untuk Local Area Network yang lebih kecil
sebagai perangkat protocol yang disediakan oleh protocol lain yang umumnya
tidak diperlukan pada system local kecil.
Protocol dasar dalam XNS adalah Internrt Datagram Protocol(IDP), yang
menangani pemeriksaan data& tanggung jawab pengalamatan serupa dengan yang
dijumpai dalam TCP/IP.
Apple Talk
Adalah perangkat protocol untuk Macinthos. Perangkat ini cukup rumit,
dan melibatkan banyak protocol terpadu yang mengelola berbagai aspek rinci
system komunikasi data Mac.
Ether Talk & Token Talk
Ether Talk adalah Appel talk diatas landasan Ethernet pada lapis
fisik&data lik. Token Talk adalah Appel Talk da atas landasan Token Ring
pada lapis fisik&data link. Varian ini memerlukan adapter crad khusus yang
dapat dijumpai pada mesin Macinthos yang lebih berdaya guna ( Mac Quadra).
Protocol Netware
Protokal ini digunakan terhadab standard seperti diatas keciali Apple
Talak, Netware telah memperkenalkan beberapa protocol tambahan khusus untuk
Netware.
Protocol Netware digunakan untuk jaringan
Netware, untuk melengkapi protocol standard, &dirancang agar Netware dapat
bersaing melawan sistm lainnya yang membatasi implementasinya hanya pada
protocol standard.
Internet Packet Exchane (IPX)
Mengenai pemeriksaan data &
tanggungjawab pengalamatan serupa dengan yang dijumpai dalam TCP/IP. Menagani
pesan antar jaringan.
NetWare Core Protocol (NCP)
Mengelola aliran data antara client dan
server Netware untuk mendapatkan tingkat efisiensi maksimum.
Sequenced Packet Exchange(SPX)
Menggunakan fungsi NOS Netware untuk
memeriksa kekuatan data.
Server Advertising Protocol(SAP)
Memantau proses logging (pencatatan) pada
& diluar jaringan, sreta mengelola transfer pesan antar simpul pada antar
jaringan keseluruhan.
Protokol Windows NT mendukung 4 protocol.
TCP/IP sudah dibahas, dan 3 protokol lainya adalah :
1.
Microsoft NWlink
Versi dari protocol IPX/SPX Novell, yang
disertakan demi tercapainya kompatibilitas antara Windows NT dengan NetWare.
2.
NetBUI
Perluasan dari NetBIOS. Protocol ini
menggunakan NetBIOS sebagai antarmuka ke jaringan,tetapi dengan
menambahkan fungsi yang memungkinkannya
bekerja dengan beragam perangkat keras dan perangkat lunak.
3.
Data Link Control
Procol yang terbatas, yang dirancang untuk
hubungan ke computer IBM Manframe untuk piranti perangkat keras yang terhubung
langsung ke kabel jaringan & bukan ke workstation atau server.
Aplikasi Internet & Jaringan
1.
Resource Sharing
a.
Sharing File (Data, Program) : suatu data yang kita punya bias dibaca
atau diakses oleh user lain yang telah
FILEZILLA & CUTEFT
1.
Pengertian Filezilla &cuteFTP
FileZilla adalah program aplikasi jaringan
yang berguna untuk transfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau
internet. Software FileZilla dibuat dan dikembangkan oleh Tim Kosse. Perangkat
lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kecepatan dan kemudahannya dalam
melakukan transfer file. Jendela aplikasi terbagi menjadi dua, satu untuk
menampilkan file dan folder di komputer lokal, dan satu lagi untuk menampilkan
file dan folder di komputer server. Program FileZilla banyak diaplikasikan dan
digunakan oleh kalangan pengguna jaringan komputer dan internet. FileZilla
merupakan software gratis. FileZilla dapat dijalankan di sistem operasi Windows
XP, Windows Vista, Windows 7, juga tersedia untuk Linux dsn Mac OS.
CuteFTP merupakan salah satu aplikasi file
transfer (FTP) populer yang bisa disandingkan dengan pesaingnya seperti
Filezilla. CuteFTP Home adalah sebuah File Transfer Protocol (FTP) client yang
digunakan untuk mentransfer file antara computer dan server FTP anda. CuteFTP
Home dapat digunakan untuk memindahkan file dari setiap ukuran dan tipe,
meliputi web page, multi-media file, atau dokumen lain ke dan dari sebuah file
transfer pada FTP, standard untuk memindahkan file pada internet.
2.
Kegunaan Filezilla & cuteFTP
Kegunaan Filezilla :
a.
Mengupload ke web dan sebaliknya mengambil dari web
b.
Mengupload file, image ke server
c.
Mengubah patch game, program / demo game
d.
Mengubah file berukuran besar
Fitur utama dari Filezilla adalah:
a.
Site manager (Manajer situs) Mengizinkan pengguna untuk membuat daftar
situs FTP beserta data koneksinya.
b.
Message log (Log pesan) Ditampilkan di bagian atas jendela. Fitur ini
menampilkan output berjenis konsol (console-type) yang menunjukkan perintah
yang dikirim oleh FileZilla dan respon yang diterima dari server.
c.
File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log),
menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP.
Transfer queue (Transfer antrian)
Ditampilkan di sepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time
setiap antrian atau transfer file yang aktif.
Kegunaannya cuteFTP meliputi:
a.
Mengupload web page anda kedalam FTP Server ISP untuk dapat dilihat pada
sebuah web browser.
b.
Mengupload file pekerjaan kedalam sebuah server FTP
c.
Mengupload image anda kedalam sebuah server FTP
d.
Mengupload atau mengunduh multimedia file seperti file music,video, atau
image
e.
Mengunduh patch game, program, atau demo game terbaru dari server FTP
f.
Mengunduh file berukuran besar lebih cepat dibandingkan ketika
menggunakan web browser anda
g.
Membackup critical file kedalam sebuah FTP server jika system anda
bermasalah.
3.
Cara menggunakan Filezilla & cuteFTP
Filezilla :
1.
Download FTP-Client Filezilla terlebih dahulu dan install
2.
Buka FTP client pada applikasi filezilla
3.
Isi kolom username dan password
ftp domain hosting anda pada bagian atas bar
4.
Buka file folder yang akan diupload
5.
Pastikan lokasi data/ file web localhost pada sebelah kiri filezilla
6.
Drag file web yang akan diupload lalu kilk kanan pilih upload
7.
Tunggu sampai file terungguh
Cara Menggunakan Aplikasi FileZilla
1. Silahkan Anda unduh file-nya melalui
situs resmi FileZilla di www.filezilla-project.org atau bisa juga langsung
melalui link di sini.
2. Setelah proses unduh selesai, silahkan
langsung Anda install.
3. Kemudian, silakan kalian masukan Host,
Username, dan Password, pada bagian atas bar.
Keterangan :
A. Host : Masukan dengan domain kalian
tanpa menggunakan www ataupun Temporary IP, yang diberitahukan di email subjek
kalian pada “Detail Hosting Anda”
B. Username : Isi dengan username cPanel
kalian
C. Password : Isi dengan password cPanel
kalian.
D. Port : Silakan bagian ini dikosongkan
untuk menggunakan port secara default atau Anda isis dengan port 21
3. Sekarang, kita akan melakukan persiapan
Upload file web yang telah kalian siapkan terlebih dahulu. Harus semua file web
agar tidak ada kesalahan, maka dari itu pastikan lebih dulu semua file telah
siap.
Sekarang, kita buka file folder yang akan
kita upload.
4. Sekarang, pastikan lokasi data atau file
web localhost kalian pada sebelah kiri FileZilla Client kalian, lihat gambar.
5. Silakan drag semua file web kalian yang
nantinya akan diunggah/upload pada server hostingan kalian. Pastikan semua file
kalian drag/blok, lalu klik kanan dan pilih “Upload” dan destinasi upload
kalian pastikan didestinasi ke folder public_html pada server hostingan kalian.
cuteFTP :
1.
Buka cuteftp, pilih menu file
2.
Masukkan / isi label, host address, usrename dam password
3.
Klik menu edit pastikan pilihan use passitive mode tlh dichack
4.
Klik ok -> connect
5.
Isi username dan password
“Jika proses tidak berhasil, lakukan
langkah tambahan
1.
Upload data ke folder publick_html
2.
Untuk merubah permission file / chmod, memindahkan file ke suatu folder
3.
Menghapus file, tinggal klik kanan pada file yang bersangkutan &
pilih opsi yang sesuai.”
VoIP(Voice over Internet Protocol)
VoIP adalah cara berkomunikasi suara
(voice) melalui jaringan Internet, sehingga komunikasi jarak jauh SLJJ maupun
SLI dapat dilakukan dengan biaya lokal.
Keuntungan VoIP
a.
Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama
dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka
biaya percakapan menjadi sangat rendah.
b.
Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara.
Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan
yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk
penambahan komunikasi suara.
c.
Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan
majunya teknologi penggunaan bandwidth
untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara
hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
d.
Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk
jaringan VoIP bias disambungkan dengan PABX yang ada dikantor . Komunikasi antar kantor bisa menggunakan
pesawat telepon biasa
e.
Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
Kelemahan VoIP
a.
Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN.
b.
Ada jeda dalam berkomunikasi.
c.
Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP
dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal.
d.
Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP
semakin banyak, maka ada potensi
jaringan data yang ada menjadi penuh
jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan
di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
e.
Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan
kekacauan dalam sistem penomoran.
Metode VoIP
1.
ATA (Analog Telephone Adaptor)
ATA adalah alat pengubah sinyal dari
analog menjadi digital. Cara kerjanya
adalah mengubah sinyal analog dari
telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk di transmisikan melalui internet.
2.
IP Phones
IP Phones juga mempunyai konektor RJ-45. IP
Phones menghubungkan langsung dari telepon ke router, dan didalam IP Phones
sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya
yang menunjang melakukan pemanggilan IP.
3.
Computer-to-Computer
Cara Mudah dan Sederhana menghubungkan
komputer dengan komputer . Yang harus anda sediakan hanya program (software),
mikrofon, speaker, soundcard dan koneksi internet, lebih diutamakan
koneksi internet yang relatif cepat
seperti koneksi Kabel atau DSL. Selain biaya bulanan ISP, biasanya tidak ada
lagi biaya untuk panggilan Computer-to Computer, seberapa jauh pun jaraknya.
Softswitch
·
Entitas (sesuatu yang digambarkan oleh data) berbasis software yang
menyediakan fungsi kontrol panggilan pada jaringan IP .
·
Dikenalkan oleh ISC (International
Softswitch Consortium)/ IPCC
(International Packet Communications Consortium)/ MSC (Multiservice Swiching Forum).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar