Selasa, 09 April 2019

Komunikasi Data Berdasarkan Mode Transmisi Data (Teknologi Layanan Jaringan)



Komunikasi Data Berdasarkan Mode Transmisi Data (Teknologi Layanan Jaringan)



Oke selamat datang kembali gaes, kita bahas sedikit nih tak mendalam tapi lumayan bermakna hehe.. selamat datang sebelumnya di blog yang mungkin membuat kalian bermanfaat , kali ini kita bakal bahas tentang Komunikasi Data Berdasarkan Mode Transmisi Data (Teknologi Layanan Jaringan)
:



Untuk model komunikasi data berdasarkan mode transmisi data dibagi menjadi dua macam model komunikasi yaitu mode transmisi parallel dan mode tranmisi serial.

    Mode Transmisi Paralel

Pada mode transmisi parallel, semua bit dari karakter yang diwakili oleh suatu kode dapat ditransmisikan secara bersamaan dalam satu waktu, per satu karakter setiap saat. Untuk kode ASCII, akan dibutuhkan 8 channel untuk mentransmisikan. Perlu diingat bahwa transmisi parallel ini hanya bit-bit dalam 1 karakter saja yang dapat ditransmisikan, sedangkan untuk masing-masing karakternya akan ditransmisikan secara seri.

    Mode Transmisi Serial

Mode transmisi serial inilah yang paling sering digunakan. Pada mode serial, masing-masing bit dari satu karakter akan ditransmisikan secara berurutan dan bergantian. Dengan kata lain, transmisi dapat dilakukan bit per bit. Ketika bit sudah diterima oleh alat penerima, maka penerima tersebut akan merakit kembali arus bit-bit yang datang padanya ke dalam bentuk karakter.

Semoga Bermanfaat :-)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nggak ada ruginya, masuk SMK Jurusan Teknik Komputer Jaingan ( TKJ / TJKT )

  nggak ada ruginya, masuk SMK Jurusan Tekjnik Komputer Jaingan ( TJK / TJKT ) Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah s...