Selasa, 09 April 2019

Model Komunikasi Data berdasarkan Transmisi (Teknologi Layanan Jaringan)




Oke selamat datang kembali gaes, kita bahas sedikit nih tak mendalam tapi lumayan bermaknan hehe.. selamat datang sebelumnya di blog yang mungkin membuat kalian bermanfaat , kali ini kita bakal bahas tentang komunikasi data berdasarkan transmisinya :

1.    Transmisi Satu Arah

Transmisi satu arah atau dalam bahasa Inggrisnya One Way Transmission atau istilah sederhananya Simplex ini hanya dapat membawa informasi data dalam bentuk satu arah saja dan tidak bolak-balik. Transmisi satu arah ini contohnya adalah radio dan televisi. Signal yang dikirimkan dari stasiun pemancar hanya dapat diterima oleh pesawat penangkap siaran, selain itu pesawat penangkap siaran juga tidak dapat mengirimkan informasi balik ke stasiun pemancar. Sederhananya, stasiun pemancar hanya dapat mengirimkan sinyal ke stasiun penangkap, tanpa adanya balasan atau feedback dari stasiun penangkap.

2.    Transmisi Dua Arah Bergantian


Transmisi dua arah bergantian dalam istilah bahasa Inggrisnya Either Way Transmision atau istilah sederhananya Half Duplex disingkat HDX merupakan tipe chanel transmisi yang dapat mengirim informasi data dan menerima informasi data namun tidak dalam waktu yang sama alias bergantian. Hal ini dapat ditemui pada alat komunikasi seperti Radio CB Walkie-Talkie. Kita dapat mengirimkan pesan ke komunikan, dan kita dapat menerima pesan balasan dari komunikan namun secara bergantian.

 3.   Transmisi Dua Arah Serentak

Transmisi dua arah serentak atau dalam bahasa Inggrisnya Both Way Transmission atau istilah sederhananya Full Duplex yang biasa disingkat FDX merupakan channel transmisi sama halnya dengan transmisi dua arah bergantian, namun perbedaannya di sini antara pengiriman dan penerimaan pesan bisa dilakukan di waktu yang sama. Transmisi dua arah serentak ini salah satu contohnya adalah telepon atau handphone. Sehingga kita dapat mengirimkan pesan kepada komunikan dan bisa langsung mendapatkan balasan pesan dari komunikan.

1 komentar:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

nggak ada ruginya, masuk SMK Jurusan Teknik Komputer Jaingan ( TKJ / TJKT )

  nggak ada ruginya, masuk SMK Jurusan Tekjnik Komputer Jaingan ( TJK / TJKT ) Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah s...